Jumat, 10 Agustus 2012

Sistem Operasi Berbasis Text


CLI
Command Line Interface

Antarmuka baris perintah atau command line interface (CLI) adalah sebuah mekanisme untuk berinteraksi dengan sistem operasi komputer atau perangkat lunak dengan mengetikkan perintah untuk melakukan tugas tertentu. Interface ini hanya berupa teks kontras. Apabila ada, penggunaan pointer mouse hanya dibatasi untuk meletakkan pointer atau untuk mengklik pilihan. User mengirimkan perintah teks dengan menekan tombol "Enter". Setelah selesai, perintah biasanya kembali ke pengguna dalam bentuk baris teks pada CLI. Output ini mungkin jika jawaban perintah itu berupa pertanyaan,
atau ringkasan operasi.

Konsep CLI berasal ketika teletype writer (TTY) yang terhubung ke komputer dikembangkan pada 1950-an. mengeluarkan input/output tulisan di layar jauh lebih cepat dan ringkas apabila dibandingkan dengan mekanisme yang berorientasi kartu berlubang. CLI terus ikut berkembang dengan GUI seperti yang disediakan oleh Microsoft Windows, Mac OS X, dan linux. Dalam beberapa aplikasi, seperti MATLAB, AutoCAD, atau EAGLE, CLI terintegrasi dengan GUI dengan mengambil fungsi-fungsi dari keduanya.

Instalasi
Tunjukan Gambar MikrotikIkon  Tutorial Instalasi OS Berbasis CLI 

Instalasi Mikrotik
Berikut ini adalah tutorial instalasi Mikrotik OS. Mikrotuk OS adalah Sistem Operasi Jaringan dengan interface baris perintah. Sistem operasi ini sangat baik digunakan sebagai router. Meski demikian, Mikrotik adalah sistem operasi berbayar dan harus memiliki lisensi untuk menggunakannya 100%.
1. Mendapatkan ISO Mikrotik OS
Mikrotik OS bisa didownload di http://www.mikrotik.co.id/download.php. ISO dari file Mikrotik Cukup kecil, sekitar 17 MB, Download tidak sampai 15 menit. Setelah selesai, silahkan Bakar dengan Software Burning CD favorit anda.
CD ini adalah CD Trial dimana kita hanya bisa memakai mikrotik selama 24 Jam Uptime. Jika anda ingin memakai untuk keperluan produksi /di lapangan, anda harus membeli lisensinya.

2. Siapkan PC
PC yang mau dijadikan router Minimal mempunyai 2 LAN card , RAM 64MB dan Hardisk 100 MB dengan asumsi anda tidak menjadikannya sebagai web proxy. Ingat, ini Spesifikasi minimal, tapi kalau mau standar gunakan saja PIII, RAM 128, HD 10 GB, mengingat mencari PC dibawah spek ini di toko komputer bekas sudah cukup susah.

3. Ubah Boot Option di BIOS agar booting pertama dari CD-ROM dan jangan lupa masukan CD mikrotiknya.

4. Setelah itu restart komputer dan seharusnya anda akan melihat tampilan dibawah ini


Pilih paket yang mau diinstall, (Lihat petunjuk), lihat gambar dan pilihlah sesuai gambar, pilihan diatas sudah sangat mencukupi untuk menjadikan PC menjadi router Warnet atau menjadikan Hotspot server. Penjelasan masing masing pilihan paket akan dbahas di Posting selanjutnya.

5. Tekan ‘i’ untuk menginstall, dalam tahap ini , installer akan memformat Hardisk anda.dan apakah anda akan menyimpan file konfigurasi lama (jika ada). Tekan Y untuk pilihan pertama dan Tekan Y untuk pilihan kedua jika ini adalah instalasi baru dan pilih No jika anda bermaksud menginstall ulang PC anda

Catatan Penting:” Mikrotik tidak mendukung dual booting dan saat instalasi akan menggunakan Hardisk anda secara keseluruhan, Jangan mencobanya di Laptop atau PC pribadi jika anda tidak ingin kehilangan seluruh data anda”

Warning: all data on the disk will be erased!
Continue? [y/n] Y
Do you want to keep old configuration? [y/n]:N


Proses instalasi hanya berlangsung sekitar 2 -5 Menit. setelah itu restart PC anda, atur ulang Boot order di BIOS anda, dan keluarkan CD mikrotik.

6. Setelah restart. login dengan user :"admin" dan passwordnya kosong (langsung tekan enter).


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...