Minggu, 12 Agustus 2012

Kegagalan Dalam Blogging

Selama menjadi blogger, mungkin sobat blogger pernah mengalami yang namanya stress ketika melakukan aktivitas blogging. Hal ini wajar sekali terjadi, apalagi sebagai blogger pemula, yang baru belajar dan memulai hobi baru dalam dunia blogging. Stress ini mungkin hampir semua blogger pernah mengalaminya. Rata-rata penyebab stress ini adalah minimnya trafik pada blog. Nah, Semua hal diatas itu akan terjadi apabila sobat Blogger melakukan 5 Faktor Penyebab Kegagalan Ngeblog. Apa sajakah itu ? ini dia ..

1.Tidak Konsisten

Inilah penyebab pertama seorang Bloggers gagal dalam blogging. Blogger-blogger baru biasanya hanya on fire di awal. Mereka membuat jadwal kapan harus membuat sebuah postingan, kapan harus memberikan komentar, membangun backlink, submit ke social bookmark, mempromosikan blog, blogwalking dan lain sebagainya. Namun, sayangnya mereka hanya sanggup bertahan untuk beberapa hari saja. Setelah seminggu atau lebih mereka mulai merasakan kebosanan yang tak terelakkan dan alhasil, otomatis mereka tidak lagi mengikuti jadwal sebagaimana yang telah mereka susun sebelumnya.


Maka dari itu jika sobat ingin sukses sebagai seorang blogger, kunci sukses sobat yang pertama adalah sebuah konsistensi.

2.Terlalu Banyak Ide

Sebagai seorang blogger, ide adalah modal awal yang sangat penting. Tanpa ide seorang blogger tidak akan bisa membuat sebuah postingan. Tetapi lain halnya, ketika seorang blogger memiliki ide yang terlalu banyak. Pernahkah sobat blogger mengalami hal seperti ini ? terlalu banyak ide akan membuat kita binggung dalam membuat sebuah postingan. Saya sendiri pun pernah mengalami hal seperti ini, memiliki banyak ide bagus di kepala yang siap dijadikan sebuah postingan. Namun sayang, saking banyaknya ide, bukannya banyak postingan yang tercipta, justru binggunglah yang saya dapatkan. Binggung mau menulis ide yang mana dulu, sehingga postinganpun tidak tercipta sama sekali.

Seperti kata pepatah, hidup ini penuh dengan pengorbanan, jadi pasti harus ada yang dikorbankan. Saran saya, lebih baik catat saja semua ide yang terlintas di kepala sobat blogger, lalu mulai pilih mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. 

3.Belajar Tanpa Praktek

Belajar merupakan hal yang bermanfaat, tetapi belajar tanpa praktek sama dengan nol besar. Nah, kebanyakan blogger baru yang gagal sering melakukan hal ini. Mereka browsing sana-sini, membaca berbagai macam cara meningkatkan traffic blog mereka, mereka mendownload e-book dan juga melakukan aktivitas belajar lainnya. Nah, ketika mereka terlalu sering belajar, lantas kapan mempraktekkannya ? Apakah dengan belajar saja traffic blog akan datang dengan sendirinya ? atau backlink bisa otomatis ada di blog ? tentu tidak bukan.

4.Seringnya Mengutak-atik Blog

Kadang kala, seorang blogger menemukan sebuah blog tutorial yang menyajikan berbagai tips-tips menarik seputar dunia blogger, khususnya dalam mengedit blog agar terlihat lebih cantik. Nah, ketika mereka asyik mengedit ataupun mengutak-atik blog, itu akan membuat waktu yang seharusnya dimanfaatkan untuk melakukan optimasi blog agar trafik meningkat menjadi terbuang sia-sia. Justru hasilnya akan diam di tempat, tidak ada perubahan trafik blog. Memang mengutak-atik blog tidak ada salahnya untuk dilakukan, tetapi alangkah lebih baik apabila bisa membagi waktu, mana waktu untuk mengedit blog dan mana waktu untuk melakukan optimasi trafik blog.

Jangan terlalu sering mengutak-atik blog, agar tidak gagal dalam blogging dan kehilangan waktu yang berharga untuk menigkatkan trafik.

5.Tidak Sabaran

Terkadang seorang bloggers ingin mendapatkan segala sesuatunya serba cepat. Trafik ataupun uang dari internet misalnya. Ketika mereka mendapati bahwa blognya tidak mendatangkan trafik yang cukup banyak, mereka akan merasa kecewa. Padahal yang perlu dilakukannya adalah tetap sabar dan konsisten dalam mengelola blog, pasti trafik akan datang dengan sendirinya. Sama halnya dengan uang dari internet, banyak blogger yang tidak sabar ingin mendapatkan uang dari internet. Tentu saja mendapatkannya tidak mudah, butuh kesabaran dan juga kerja keras.

Karena ketidaksabaran itulah, seringkali seorang blogger merasa frustasi terhadap blognya. “kenapa ya ini blog ga rame-rame” atau “ini kapan sih dapet uangnya” mungkin seperti itulah kata-kata yang ada dalam benak mereka. Akibatnya, karena frustasi akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti Ngeblog.

Ok, itulah tadi 5 Faktor Penyebab Kegagalan Ngeblog. Semua yang saya tulis ini merupakan pendapat dari pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya. Jadi, jika mungkin ada sobat blogger yang punya pendapat lain, bisa menuliskannya di kotak komentar dibawah. Terakhir, semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat bagi sobat blogger sekalian. Happy Blogging

.

1 komentar:

Muhammad Yusuf mengatakan...

Nice post bro..
follow back blog gw ya..!!! :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...